Pages

Selasa, 11 Desember 2012

Sistem Operasi (OS) Linux

Linus Torvald (Penemu OS Linux)
Linux adalah system operasi  open source yang berarti bebas untuk melakukan apapun karena system operasi ini merupakan system operasi terbuka karena setiap orang bebas untuk mengambil software-software yang menyediakan perangkat lunak untuk system operasi Linux

Linux tersebut juga ada beberapa jenis diantaranya Linux Mint, Linux Ubuntu, Linux Fedora dan lain sebagainya, sedikit sejarah singkat mengenai Linux.

26 Desember 1969 di Helsinki, Finlandia, lahirlah seorang anak jenius yang bernama Linus Benedict Torvalds. (Nah, si Linus inilah yang menciptakan system operasi Linux), karena bakatnya dibidang komputer semakin terlihat sejak ia berusia 10 tahun. Linus juga menjadi asisten kakeknya yang merupakan seorang profesor statistik di universitas Helsinki. Berbekal dari buku manual komputer Commodore VIC-20 milik kakeknya, Linus mempelajari program dasar pemrograman. Nah, saat Linus semakin dewasa, ia diterima di Universitas Helsinki di jurusan ilmu komputer.

Ia pun mendapatkan pelajaran tentang UNIX dan pemrograman C. Pada Saat Linus membeli PC nya sendiri, ia tertarik karena komputernya itu mempunyai system operasi UNIX namun sayangnya system operasi tersebut dikontrol oleh perusahaan AT&T yang mahal harganya serta mempunyai source code yang tidak tersedia secara bebas.

Nah, si Linus kemudian mencoba system operasi MINIX yang penggabungan dari kata MInimal uNIX yang merupakan tiruan sederhana dari system operasi UNIX. MINIX ini dibuat oleh Dr. Andrew Tanenbaum yang digunakannya untuk mengajarkan kepada murid-muridnya cara kerja internal sistem operasi. Nah, Dr. Andrew ini adalah seorang ahli komputer dan teman-teman beliau merupakan orang-orang yang merancang sistem UNIX dan juga pengarang bahasa C (Bahasa Pemrograman).

Nah dari sinilah niat Linus untuk membuat system operasi baru semakin besar, ia terus menerus berjuang hingga ia berhasil melakukan kerjasama dengan Dr. Andrew Tanenbaum, mereka menciptakan OS Linux yang merupakan gabungan dari kata Linus'Minix.

0 komentar:

Posting Komentar